8 Langkah Untuk Tidur Nyenyak

Para ahli yakin bahwa tidur malam yang nyenyak hanya diperlukan beberapa penyesuaian kecil. Bukannya sesuatu yang rumit tapi cukup hanya dengan bersikap konsisten. Dengan tips ringan berikut dan pelaksanaan yang konsisten dalam enam minggu, Anda akan merasakan tidur yang lebih nyenyak, tenang dan menyegarkan.
  • Tetaplah mengikuti jadwal. Tubuh manusia membutuhkan rutinitas tidur yang tetap, jadi cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Itu artinya tidak ada tidur siang, atau tidur balas dendam diakhir pekan. Jika Anda tidak juga tertidur, keluarlah dari tempat tidur (pergilah ke ruangan lain jika perlu), dan lakukan sesuatu yang tidak berisik. Jangan biarkan diri Anda tertidur di ruang lain selain kamar tidur Anda. Kembalilah ke tempat tidur begitu Anda merasa mengantuk, dan ulangi proses ini sesering yang dibutuhkan sepanjang malam.
  • Kenakan pakaian untuk tidur. Kenakanlah apa yang Anda rasa nyaman, tapi jangan terlalu tebal. Suhu tubuh menurun saat tidur, dan meningkat sepanjang malam, lalu turun lagi sebelum Anda terbangun. Jadi carilah yang berbahan tipis. Gunakan tempat tidur yang sesuai. Berilah tubuh Anda dukungan yang dibutuhkannya saat tidur. Kurangi aktivitas sebelum jam tidur Anda. Berolahraga beberapa jam sebelum tidur bisa membantu Anda untuk lebih relaks. Jika dilakukan terlalu dekat dengan jam tidur Anda tubuh Anda malah akan terjaga.
  • Keluarkan TV dari kamar tidur. Penelitian yang dilakukan terhadap anak-anak yang memiliki gangguan tidur menunjukkan bahwa mereka yang memiliki televisi di kamar dan menontonnya sampai jatuh tertidur memiliki gangguan yang lebih besar. (Hal ini juga berlaku bagi dewasa)
  • Jauhi kafein dan alkohol. Jangan mengkonsumsi cafein dan minuman beralkohol empat sampai enam jam sebelum tidur. Cafein menstimulasi otak, jadi hindari meminum kopi setelah makan malam. Alkohol mungkin membuat Anda lebih cepat tidur tapi efek buruknya membuat Anda mengalami tidur nyenyak yang lebih singkat dan membuat Anda terbangun di tengah malam. Hal ini juga terjadi pada rokok.
  • Siapkan kamar tidur. Segera atasi suara ataupun sinar yang menggangu. Jika jam alarm Anda memiliki angka yang menyala dalam gelap, tutupi dengan kain. Turunkan suhu kamar, suhu badan yang rendah bisa membuat Anda mengantuk.
  • Gunakan kamar tidur hanya untuk tidur. Gunakan warna-warna yang menenangkan seperti hijau dan biru. Sebaliknya hindari warna merah, oranye, dan kuning yang bisa membuat Anda terstimulasi.
  • Konsumsi camilan yang bisa membuat Anda mengantuk. Camilan karbohidrat yang rendah lemak dan kalori bisa membuat Anda cepat mengantuk. Berikut beberapa yang bisa Anda coba: 1 sampai 1/3 cangkir cereal untuk sarapan tanpa susu, 1 muffin kayu manis dan kismis, 1 mangkuk oatmeal instan dengan kayu manis dan rempah-rempah, 1 waffel seukuran selembar roti dengan 1 sendok makan sirup mapel.

Selamat mencoba... :-)

0 Yorum var: